TANA TORAJA

TANA TORAJA
Kabupaten Tana Toraja adalah salah satu kanupaten yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan,Ibu Kota Kabupaten-nya adalah Makale.
Suku Toraja yang mendiami daerah pegunungan dan masih mempertahankan gaya hidup Austronesia yang asli dan mirip dengan budaya Nias.Daerah ini merupakan salah satu obyek wissata di Sulawesi Selatan.
Tana Toraja merupaka salah satu daya tarik wisata yang berada di Indonesia.Bagi anda yang berkunjung ke Tana Toraja ada beberapa tempat yang dapat dikunjungi sebagai destinasi wisata Indonesia.Tempat itu antara lain:

A. Pallawa

Tomgkonan Pallawa adal salah satu dari tongkonan atau rumah adat yang begitu menarik karena berada di antara pohon-pohon bamboo di puncak bukit.Tongkonan tersebut didekorasi dengan sejumlah tanduk kerbau yang ditancapkan di bagian depan rumah.Dan terletak sekitar 12 km kea rah utara dari Rantepau.

B.Londa

Londa adalah bebatuan curam di sisi makam khas Tana Toraja.Salah satunya terletak di tempat yang tinggi dari bukit dengan gua yang dalam  dimana peti-peti mayat diatur dengan garis keluarga,di satu sisi bukit lainnya dibiarkan terbuka menghadap pemandangan hamparan hijau.Letak Londa ini sekitar 5 km ke utara selatan dari Rantepau.

C. Ke’te Kesu
Obyek yang begitu mempesona di desa ini berupa Tongkongan,lumbung padi dan bangunan megalith di sekitarnya.Sekitar 100 m di belakang perkampungan ini terdapat sebuah situs pekuburan tebing  dengan kuburan bergantung dan ‘Tau-tau’ dalam bangunanbatu yang diberi  pagar,’Tau-tau’ ini memperlihatkan penampilan pemiliknya sehari-hari.Perkampungan ini juga dikenal dengan keahlian seni ukir yang dimiliki oleh penduduknya dan sekaligus tempat yang bagus untuk berbelanja souvenir.Obyek wisata ini terletak sekitar 4 km arah Tenggara Rantepau.

D.Batu Tomonga

Di kawasan ini anda dapat mejumpai sekitar 56 batu menhir dalam satu lingkungan dengan 4 pohon di bagian tengah.Kebanyakan batu menhir memiliki tinggi dari 2-3 m.Dari tempat ini anda dapat melihat keindahan Rantepau dan lembah yang ada di sekitarnya.Obyek ini terletak di daerah Sasean dengan ketinggian 1300 mdpl.

E. Lemo
Tempat ini sering disebut dengan nama rumah para arwah.Di pemakaman Lemo anda dapat melihat mayat yang di simpan di udara terbuka, di tengah bebatuan yang curam.Komplek pemakaman ini merupakan per[paduan antara kematian, seni dan ritual.Pada waktu-waktu tertentu pakaian dari mayat-mayat akan diganti dengan melalui upacara Ma Nene.Letak dari Lemo di Kabupaten Tana Toraja.

F. Kambira
kambira adalah kuburan bayi yang belum tumbuh giginya (umur ˂6 bulan) yang diletakkan di dalam pohon hidup yang dilubangi sebagai tempat peristirahatan terakhir.
                         
G. Patung Yesus Memberkati
Bertempat di Bukit Burake,Tana Toraja.Dan di klaim sebagai patung yesus tertinggi di dunia.

Apabila dalam artikel ini terdapat hal yang kurang berkenan di hati anda saya mohon maaf.Artikel ini saya buat untuk untuk menambah informasi bukan sebagai media/alat provokasi ke hal yang negative atau melecehkan seseorang.

Terima kasih……

Jangan lupa buat SHARE & LIKE


Komentar

Postingan Populer