GUNUNG KELIMUTU

GUNUNG KELIMUTU
G
unung kelimutu adalah gunung berapi yag terletak di pulau flores,provinsi NTT,Indonesia.Lebih tepatnya ada di Desa Pemo,Kecamatan Kelimutu,Kabupaten Ende.Yang menarik perhatian Wisatawan adalah tiga buah danau kawah yang berada di puncaknya,keunikannya adalah danau ini memiliki warna yang berbeda dari merah,biru dan putih.Akan tetapi warna tersebut dapat berubah seiring berjalannya waktu.

Tiwu Ata Mbupu
Nuwa Muri Ko’o Fai
Tiwu Ata Polo

Tiga buah danau yang letaknya terpisah yaitu di sisi kanan dan kiri.Danau yang berada di sebelah kiri dikenal dengan nama Tiwu Ata Mbupu,yang dipercaya masyarakat sekitar sebagai tempat persinggahan Roh-roh nenek moyang.Deisebelah kanan terdapat 2 danau yang dipisahkan tebing tipis, yaitu dengan sebutan Tiwu Nuwa Muri Ko’o Fai dan Tiwu Ata Polo. Tiwu Nuwa Muri Ko’o Fai dipercaya masyarakat lokal sebagai tempat bersemayamnya arwah muda-mudi, Tiwu Ata Polo dipercaya masyarakat lokal sebagai tempat bersemayamnya arwah orang-orang jahat.
Warna danau tersebut dapat berubah sesuai dengan kondisi cuaca,kandungan mineral,serta pengaruh lumut dan bebatuan di kawah.Waktu yang tepat untuk mengunjungi danau ini adalah waktu pagi hari atau dini hari.Pengunjung atau Wisatawan biasanya menginap di kampung moni sembari menunggu waktu untuk mengunjungi danau yang ada di Gunung Kelimutu.
Butuh waktu ±45 Menit untuk mencapai lokasi Danau Kelimutu dari Kampung Moni.Jarak yang ditempuh wisatawan adalah  ±45 km bila dari Ended an ±13 km dari kampung Moni.
Luas danau ini ±1.051.000 m² dengan volume air ±1.292 juta m³.Batas dari setiap danau adalah dinding batu sempit yang mudah runtuh.Dinding tersebut sangat terjal dengan sudut kemiringan mencapai 70°.Dan untu ketinggian dindingnya berkisar antara 50 – 150 m.
Keindahan yang dimiliki oleh Danau ini akan membuat anda berdecak kagun ,selain itu warga sekitar percaya bahwa warna-warni danau memiliki arti/makna masing-masing dan memiliki kekuatan yang sangat besar.
Selain itu Gunung Kelimutu juga memiliki Flora dan Fauna yang tidak kalah menarik perhatian.Di sekeliling Gunung anda dapat menemukan berbagai tumbuhan yang jarang ditemukan di wilayah Flores lainnya seperti pinus,cemara,kayu merah dan edelweiss.Sedangkan ragam Fauna yang hidup disini adalah rusa,babi hutan,ayam hutan,elang dan lain-lain.
Bagi kalian yang ingin mengunjungi tempat wisata ini sebaiknya datang antara bulan Juli dan Agustus.Saat ini Gunung Kelimutu banyak dikunjungi sebagai obyek wisata trekking.Anda dapat memulai trekking ke Gunung Kelimutu  dari Desa Moni menggunakan kendaraan truk ±13 km untuk mencapai bibir danau.

Fasilitas
Bagi pengunjung atau wisatawan yang datang ke Gunung Kelimutu akan mendapati berbagi fasilitas pendukung yang dapat digunakan baik untuk beristirahat ataupun berfoto.Fasilitas yang disediakan antara lain:
  1.                 Pondok Jaga (Tempat berteduh)
  2.         Toilet.
  3.         Losmen kecil atau penginapan.
  4.         Restoran.


Apabila dalam artikel ini terdapat hal yang kurang berkenan di hati anda saya mohon maaf.Artikel ini saya buat untuk untuk menambah informasi bukan sebagai media/alat provokasi ke hal yang negative atau melecehkan seseorang.

Terima kasih……

Jangan lupa buat SHARE & LIKE


Komentar

Postingan Populer