FROM INDONESIA TO THE WORLD

Jaya wijaya

Pegunungan Jayawijaya adalah rangkaian pegunungan yang membujur di Provinsi Papua,Indonesia.Pegunungan Jayawijaya ini merupakan rangkaian pegunungan tertinggi yang ada di Indonesia dengan puncaknya mencapai 4.884 mdpl (Puncak Jaya).Keindahan gininga ini bukan karena ketinggiannya tetapi karena salju abadi yang ada di puncaknya.Tetapi karena pemanasan global yang berakipat naiknya suhu bumi mengakibatkan salju yang ada di Pegunungan Jayawijaya semakin menipis.
Indonesia yang berada pada Garis Katulistiwa mengakibatkan tidak ada kemungkinan ada salju di daratan.Akan tetapi itu tidak berlaku di Pegunungan Jayawijaya yang ternyata memiliki salju dan merupakan satu-satunya yang ada di Indonesia.Memang aneh tetapi hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan terutama para pendaki Gunung.
Gunung ini termasuk dalam tipe “Alpine Glaciation” bila dilihat dari tipe glatsernya.Sedangkan tempat yang lbih rendah disebut kedalam tipe "Valley Glacier",glatser ini merupakan gletser yang mencair dan turun dan mengalir ke tempat yang lebih rendah.Dapat dipastikan di wilayah Pegunungan ini juga memiliki sungai es.Fenomena ini merupakan yang hanya ada di Pegunungan ini dan tidak ada di tempat lain.Puncak Jayawijaya masuk kedalam “Seven Summit” yaitu puncak benua dan biasanya dikenal dengan “Piramida Cartenz”.
Puncak Jayawija berada di Indonesia tatapi trakker atau pendaku kebanyakan berasal dari luar negeri yang ingin menaklukkan Gunung ini dengan segala keunikanya.
Oleh-Oleh Khas Papua:
1)   Kaos yang bertuliskan Papua.
2)   Kerajinan khas.
3)   Lukisan dari kulit kayu.
4)   Cokelat yang enak.
5)   Sarang semut.
6)   Ramuan buah merah.
7)   Dll.

Makanan Khas Papua:
Papeda
a)   Papeda.
b)   Martabak Sagu.
c)    Ikan Bakar Manokwari.
d)   Ikan Bungkus khas Papua.
e)    Sate Ulat Sagu.
f)    Udang Selingkuh khas Papua.
Udang Selingkuh

Sate Ulat Sagu

·         Sempatkan ya guys untuk mencoba makan salah satu makanan khas di atas dan dijamin kunjungan anda di papua akan meninggalkan kenangan yang tidak akan anda lupakan.Bagi saya yang paling menantang adalah Sate Ulat Sagu dan paling unik adalah Udang Selingkuh.

Apabila dalam artikel ini terdapat hal yang kurang berkenan di hati anda saya mohon maaf.Artikel ini saya buat untuk untuk menambah informasi bukan sebagai media/alat provokasi ke hal yang negative atau melecehkan seseorang.

Terima kasih……

Jangan lupa buat SHARE & LIKE



Komentar

Postingan Populer