KAKABAN LAKE

DANAU KAKABAN

D
anau Kakaban adalah air laut yang terperangkap di Pulau Kakaban ,sejak 2 juta tahun lalu Danau ini tercampur dengan air tanah dan air hujan .Damau Kakaban merupakan danau prasejarah yaitu zaman peralihan Holosin.Luas danau ini ±5 km²,dan berdinding karang terjal seting 50 m, yang mengakibatkan air laut yang terperangkap tidak bisa lagi keluar dan berubanh menjadi danau.Danau ini terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Biota dalam Danau


Danau ini memiliki 4 jenus ibur-ubur, salah satunya adalah ubur-ubur jenis Cassiopea.Di dunia tempat yang seperti ini hanya ada 2 yaitu Danau Kakaban,Indonesia dan di Danau Ubur-ubur Pulau,Kepulauan Micronesia di kawasan Tenggara Laut Pasifik.
Selain itu pinggiran pantainya juga tumbuh hutan bakau, yang dihuni berbagai jenis kepiting,teripang,dan ular laut.
Misteri bagaimana hewan dan tumbukan yang terisolasi dalam danau ini bisa hidup merupakan objek yang sangat diminati oleh para ilmuan untuk diungkap misteri dibalinya.
Pulau Kakaban dalam bahassa daerah adalah pulau yang “memeluk”.Dapat kita artikan bahwa Pulau Kakaban artinya “sebuah pulau yang memeluk danau”,termasuk berbagai flora dan fauna yang hidup dan tinggal didalamnya.
Bila kalian mengunjungi Pulau ini dijamin akan memperoleh pengalaman yang tak terlupakan….


Apabila dalam artikel ini terdapat hal yang kurang berkenan di hati anda saya mohon maaf.Artikel ini saya buat untuk untuk menambah informasi bukan sebagai media/alat provokasi ke hal yang negative atau melecehkan seseorang.

Terima kasih……

Jangan lupa buat SHARE & LIKE


Komentar

Postingan Populer